Biografi singkat Abu H. Salim Mahmudi Lamno


sharengaji.com. Beliau lahir pada tanggal 14 Februari 1922 M di desa Serba Kec Jaya Kab Aceh Jaya, dalam umur yang sudah sangat begitu tua (96 th) beliau masih sangat jelas mendengar dan membaca tanpa memakai kaca mata atau alat bantu lainnya. Bahkan ±6 th yang lalu beliau masih sanggup bersepeda menuju ke pasar atau ke mesjid untuk shalat jumat & shalat jamaah. Namun saat ini kaki beliau mengalami patah tulang karena jatuh dari tangga rumah pada 27 Ramadhan tahun 1435 H saat berwudhu hendak shalat tahajjud tengah malam. Meskipun demikian, beliau selalu hadir di setiap majelis pengajian rabu pagi di Mesjid Sabang, Kompleks Dayah Bustanul-‘Aidarusiyyah, Lamno diasuh oleh Aba BUDI yang tak lain adalah murid beliau sendiri .

Beliau pertama sekali belajar agama dengan Tgk H. ‘Aidarus Sulaiman di Dayah BUSAIDA Lamno. Tgk. H. 'Aidarus lebih dikenal oleh masyarakat lamno dengan panggilan Abu di Mesjid Sabang, beliau merupakan gurunya para ulama lamno di kala itu bahkan Alm. abu H. adnan Bakongan pernah belajar di dayahnya sebelum berguru kepada Abuya Muda Waly. 

Pengalaman Abu Salim ketika mondok di dayah BUSAIDA sangat unik & penuh hikmah. Beliau di waktu sore membersihkan kolam dayah, setelah shalat magrib beliau memijat kepala Abu Aidarus sampai beliau tertidur. Begitulah proses belajar abu Salim setiap hari yang tidak belajar secara khusus dalam ruang dengan Abu Aidarus namun keberkahan ilmunya begitu luar biasa... Ilmu itu 80% didapatkan lewat pengabdian & khidmat kepada guru dan hanya 20% dari ketekunan belajar kita... 

Kemudian beliau juga pernah menyempatkan diri berguru kepada Abuya Muda Waly al-Khalidy selama setahun di Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan. Selama disana ada hal-hal unik dari beliau. Salah satunya yaitu, beliau sanggup menghafal 1000 bait alfiah dalam rentan waktu yang begitu singkat antara ba'da ashar sampai masuknya waktu salat magrib. Kami yang mendengar ceritanya itu terheran-heran dan beliau mengatakan ada 5 santri lagi yang dapat menghafalnya seperti beliau. 

Abu H. Salim juga pernah beguru kepada  Abu Muhammad Hasan Krueng Kalee. Banyak sekali thariqat yang diijazahkan oleh Abu Krung Kalee kepada beliau, hingga saat ini beliau selalu dalam pengamalan thariqat, shalat sunnah, puasa sunnah & ibadah-ibadah lainnya. Di antara thariqat yang beliau punya adalah hizb bahr, hizb nashar, hizb bar, hizb nawawi, jaljalut kubra, yasin fadhilah, dalail khairat, shamadiah, al-Quran, al Haddad dan lain-lain..

Alhamdulillah tubuhnya masih sangat sehat tanpa pantangan makanan apapun. Beliau mengatakan "lon dua peu sagai pantang, hana ngen hana deuk" (saya disuruh pantang oleh dokter hanya 2, yaitu ketika tidak ada makanan dan ketika kenyang). Sungguh benar pernyataan Abi Syuja' ketika beliau ditanyakan oleh muridnya kenapa mata beliau masih sangat terang penglihatannya padahal umurnya sudah ratusan tahun? Beliau menjawab:

 حفظتها عند الصغر فحفظها الله عند الكبر 

" aku menjaga anggota tubuhku dari dosa ketika remaja maka Allah menjaganya ketika aku tua"...

Semoga Allah panjangkan umur beliau dalam ketaatan & semoga kita semua diberkahi oleh Allah lewat hamba yang dicintaiNya ini... Amin

Comments

Popular posts from this blog

Obat Untuk Menangkal Orang Kerasukan

Kisah syaikh Bal'am Bin Ba'ura